Slotting Frekuensi – Memberikan Setiap Instrumen Tempat Khususnya Sendiri dalam Mix

Dalam proses perekaman mungkin ada satu hal yang cenderung sangat monoton. Itu adalah mastering dari sebuah lagu. Anda harus mendengarkan lagu yang sama berulang-ulang sampai akhirnya Anda puas dengan campurannya. Kemudian Anda mendengarkan salinannya di stereo mobil Anda saat Anda mengemudi di jalan dan mendengar ketidaksempurnaan atau kualitas yang tidak diinginkan yang gagal Anda tangkap saat mendengarkannya pada 150 kesempatan lain Anda mendengarkannya.

Tampaknya selalu seperti yang Anda pikirkan bahwa Anda akhirnya selesai dengan campuran lagu tertentu; Anda menemukan beberapa kesalahan lain dengan campuran dan merasa perlu untuk kembali ke papan gambar atau, lebih tepatnya dalam hal ini, papan pencampuran. Jadi, menjadi agak jelas bahwa meracik sebuah lagu mungkin membutuhkan proses yang lebih lama daripada merekam Poker IDN lagu yang sebenarnya. Namun, ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk tidak hanya mempercepat proses mix down tetapi juga membantu Anda menyelesaikan dengan produk yang lebih baik. Itu akan menjadi penggunaan slotting frekuensi.

Slotting frekuensi adalah saat Anda menetapkan rentang frekuensi tertentu untuk setiap instrumen. Anda melakukannya untuk memudahkan satu instrumen untuk dibedakan dari yang lain. Jika semua instrumen berada pada rentang frekuensi, atau slot yang sama, campuran akan terdengar agak berlumpur atau berantakan. Beberapa trek bahkan mungkin sama sekali tidak dapat dibedakan dari yang lain.

Jadi katakanlah Anda memiliki 5 track instrumen. Anda memiliki gitar bass, drum, gitar ritme, gitar utama, dan trek keyboard. Ini adalah bagaimana Anda dapat menetapkan rentang frekuensi untuk setiap instrumen:

Gitar bass dapat memiliki bass yang ditingkatkan atau menggunakan filter low pass. Masuk akal untuk menetapkan frekuensi bass gitar bass, bukan? Itu cukup sederhana. Jadi mari kita beralih ke gitar ritme. Mari kita menetapkan gitar ritme frekuensi mid-range. Kemudian kita dapat menetapkan keyboard untuk melacak frekuensi tinggi. Sekarang kita memiliki 3 dari lima instrumen yang tercakup dengan potensi minimal untuk memotong rentang frekuensi satu sama lain. Kami hanya memiliki dua instrumen tersisa; gitar utama dan drum.

Jelas, semakin banyak instrumen yang Anda miliki, semakin sulit untuk mencegahnya memotong frekuensi satu sama lain. Namun hal itu masih bisa diminimalisir. Kita dapat melakukannya dengan trek gitar utama dengan memberikannya suatu rentang antara gitar ritme dan keyboard. Jadi pada dasarnya akan menempati beberapa frekuensi mid-range dan beberapa frekuensi high-end.

Sekarang kita memiliki drum. Drum bisa sedikit rumit karena Anda memiliki sejumlah bagian yang tersebar di seluruh spektrum. Sebagai permulaan, bass drum Anda (atau bass drum jika double-bass) akan memiliki nada bass lebih banyak daripada bagian lainnya. Anda mungkin memiliki sejumlah tom juga yang tersebar di seluruh spektrum. Lantai tom Anda jelas akan memiliki lebih banyak bass daripada tom yang lebih kecil. Anda juga memiliki snare dan simbal, dengan simbal berada di ujung spektrum yang tinggi.

Saya suka menetapkan simbal frekuensi tinggi yang jelas dan menambahkan sentuhan reverb untuk menambah sustainnya. Snare biasanya dilakukan sesuai selera. Ini mungkin mid-range atau di suatu tempat antara menengah dan tinggi. Tom diperlakukan secara individual untuk menyebarkannya di sepanjang spektrum. Drum bass cukup jelas.

Sekarang Anda mungkin tidak memiliki cukup track yang tersedia untuk membuat setiap bagian drum mengatur tracknya sendiri untuk mix. Jika itu masalahnya, Anda setidaknya harus membaginya menjadi dua trek, bila memungkinkan. Saya sendiri sering melakukannya. Saya akan mengambil drum dan memberi mereka slot jarak menengah dan simbal akan berada di ujung atas. Ini agak sederhana tetapi bekerja dengan baik sebagian besar waktu.

Jika memungkinkan, atau jika Anda memiliki cukup trek yang tersedia, Anda dapat menetapkan setiap bagian drum set area yang berbeda dari kiri ke kanan. Itu akan mensimulasikan memiliki set drum yang sebenarnya dimainkan tepat di depan Anda. Bass drum bisa berada di tengah, begitu juga dengan snare, floor tom sedikit ke kiri dan crash cymbal sedikit ke kanan sedangkan ride sedikit ke kiri. Anda bahkan dapat mencoba sejumlah variasinya.